You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sialang Kubang

Desa Sialang Kubang

Kec. Perhentian Raja, Kab. Kampar, Provinsi Riau

Jam Pelayanan Kantor Desa Sialang Kubang pukul 08.00 s/d 16.00 wib Selamat Datang Di Website Resmi Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja

Sejarah Desa Sialang Kubang

Administrator 22 September 2022 Dibaca 218 Kali

 

Assalamualaikum wr.wb.

Bismillahirrohmannirrohim

Puji serta rasa syukur kehadirat Allah, Tuhan Yang Esa, apa yang telah diberikan kepada kita semua, Alhamdulillah pada hari ini dapat hadir di kantor Desa Sialang Kubang dengan berakhirnya tahun 2021 dan memasuki tahun Anggaran 2022, Kepala Desa berkewajiban secara rutinitas menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Tugas selama Satu Tahun yaitu Tahun 2021, tidak lain saya ucapkan terima kasih kepada unsur  lembaga yang ada di Desa Sialang Kubang, khususnya kepada Aparatur Pemerintahan Desa yang telah nyata membantu tugas Kepala Desa dalam melaksanakan tugasnya, tentunya masih banyak kekurangan, maka sangat diperlukan kritik serta saran untuk mencapai perubahan.

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa tetap mengacu kepada Peraturan Pemerintah No.72 Tahun 2009 Tentang Desa,dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.35 Tahun 2007 Tentang Tata Cara Pelaporan dan Pertanggung Jawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Desa,yang di arahkan kepada usaha untuk memperkuat kedudukan Pemerintahan Desa,agar semakin dapat/mampu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta menyelenggarakan adminitrasi yang semakin efektif.

Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan Pemeritahan Desa dapat maksimal yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan Pemerintahan Daerah maupun Pemerintahan Pusat.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas,maka penyelenggaraan Pemerintahan Desa benar-benar dituntut kerja keras dan keterbukaan sehingga penyelenggaraan Pemerintahan Desa dapat terwujudnya suatu Pemerintahan yang bersih,tertib,aman serta maju dalam pembangunan di segala bidang sesuai harapan masyarakat,karena Desa mempunyai nilai setrategis dilihat dari aspek:                      

  1. Desa merupakan basis dan sumber data maupun informasi bagi penyelenggaraan Pemerintahan Pusat maupun Daerah.
  2. Desa merupakan benteng pengamalan Pancasila.
  3. Desa merupakan penggalangan partisipasi masyarakat disegala bidang.
  4. Desa merupakan pusat pembinaan Kesatuan dan Persatuan Bangsa dalam rangka memperkokoh ketahanan Nasional.

Kedudukan Desa Sialang Kubang kalau membuka sejarah keberadaan Desa,bukanlah suatu Desa yang telah jadi dari dahulu,akan tetapi mempunyai kultur sejarah sebagai berikut:

  • Tahun 1990 adalah dibuka hutan oleh Pemerintah dengan program yang diperuntukkan warga Transmigrasi.
  • Tahun 1991 - 1994 adalah suatu wilayah dibawah penguasaan Departemen Transmigrasi yang dipimpin oleh Ka.UPT,tentu pembinaannya Departemen Transmigrasi., dijabat oleh; Bapak NUSYIRWAN
  • Tahun 1994 akhir – 1998 adalah Desa persiapan yang dipimpin oleh PJS Kepala Desa.dijabat oleh Bapak KOMAR SANJAYA

 

                                                                                                                                               

 

 

 

Tahun 1998 – 2003 adalah Desa yang telah ditetapkan menjadi Desa Definitif yang dipimpin oleh Pjs Kepala Desa .dijabat oleh Bapak N O M O

  • Tahun 2003-Agustus 2008 Desa Definitif dipimpin oleh Kepala Desa Definitif.dijabat oleh Bapak NURUDIN
  • Tahun 2008 – 2009 adalah Desa Definitif yang dipimpin oleh Plt. Kepala Desa.dijabat oleh Bapak ARIEB SUPARNO{ Sekretaris Desa }
  • Tahun 2009 di Bulan Juli adalah Desa Definitif yang dipimpin oleh Kepala Desa.dijabat oleh Bapak SUGENG HIDAYAT,SH
  • Juli 2015-Desember 2015 adalah Desa Difinitif dipimpin Pjs. ARIEB SUPARNO
  • Tanggal 21 Desember 2015 sampai dengan 20 Desember 2021 dipimpin oleh Bapak KATIRAN
  • Tanggal 20 Desember 2021 dipimpin oleh Bapak SUPRIYANTO

Catatan sejarah tersebut perlu diingat terus-menerus, dengan mengingat sejarah Desa, maka masyarakat Desa Sialang Kubang akan selalu berfikir bagaimana untuk selalu giat dan semangat dalam membangun Desanya. Pelaksanaan tugas Kepala Desa tentu jauh dari terwujudnya harapan masyarakat, tanpa adanya kerjasama yang kuat dengan perangkat Desa, Lembaga Desa, Lembaga Ekonomi Desa.

Organisasi Pemuda dan lain-lain, untuk itu kita tingkatkan keharmonisan kinerja, dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan fungsi masing-masing secara professional yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan dari semua lapisan masyarakat Desa, agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Perlu dilaporkan bahwa Desa Sialang Kubang pada Tahun 2021 mengikuti Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Kampar yang dilaksanakan pada tanggal 24 November 2021 dengan 2 Calon yaitu Saudara KATIRAN dan Saudara SUPRIYANTO.

 Wasalamualaikaum Wr.Wb

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image